EKONOMI KULTURAL SEBAGAI ALTENATIF SISTEM EKONOMI NEOKLASIK SEBAGAI THEMA DALAM FORUM DISKUSI DOSEN UNRIKA BATAM

Kamis, 29 September 2016, setelah vakum selama 1 tahun, Forum Diskusi Bulanan Dosen Universitas Riau Kepulauan Batam kembali digelar di aula mini UNRIKA Batam, Batuaji. Pada sesi bulan september 2016 ini dibuka dengan narasumber Ade P. Nasution (Dosen Tetap Fak Ekonomi) dan Muhammad Solihin (Dosen Tetap FISIPOL) dengan tema diskusi “Ekonomi Kultural sebagai Alternatif sistem Ekonomi Neoklasik” yang di Pandu oleh moderator Cahyo Budi Santoso (Dosen Tetap Prodi Akuntansi).

Acara Forum Diskusi ini dibuka oleh Rektor Universitas Riau Kepulauan Batam, Prof. Dr. Nasruddin Harahap,SU, dalam sambutannya, rektor menyambut baik dan mendorong agar forum-forum ilmiah dikembangkan dan di buat kebiasaan yang bagus di lingkungan kampus UNRIKA. lebih lanjut lagi Prof . Dr. Nasruddin Harahap menyampaikan agar semua dosen harus mampu berfikir ilmiah dan menyampaikan ide-ide kreatif untuk pembangunan bangsa.

Kegiatan diskusi bulanan dosen UNRIKA di hadiri oleh sekitar 160 dosen tetap yang ada dilingkungan Universitas Riau kepulauan Batam.

Dalam paparannya, Narasumber Ade P. Nasution, menyebutkan bahwa sistem Ekonomi yang ada sekarang belum tentu cocok dengan setiap negara, karena ada beberapa yang merugikan, dan Ade Mengusulkan agar adanya kombinasi masukan dari kultural atau kebudayaan suatu bangsa, Ade mencontohkan keberhasilan Jepang dan Korea yang saat ini memimpin ekonomi dunia, yang memasukkan unsur kebudayaannya dalam kegiatan ekonomi negaranya.

Narasumber lainnya, Muhammad Solihin  menyebutkan bahwa perlu rekayasa sosial di bidang ekonomi Indonesia yang selama ini terlena dalam pelukan mesra neoliberalisme, Solihin menyebutkan bahwa modal bangsa indonesia cukup besar untuk bersaing di dunia internasional meski tanpa meninggalkan akar budayanya dalam pembangunan.

acara yang berlangsung selama 2 jam lebih ini akhirnya ditutup oleh Koordinator Forum Diskusi Dosen UNRIKA Batam, Yustinus Farid Setyobudi dengan membacakan resum hasil diskusi dan menentukan tema diskusi bulan Novermber 2016 yaitu tentang Tax Amnesty.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*