YANG KHAS DARI BATAM…

Di Kota Batam, kebanyakan warganya tidak begitu familiar dengan nama jalan, misalnya seseorang bertanya ” rumah kamu dimana ?” jawabannya bukan nama jalan tetapi nama komplek, atau nama suatu tempat tertentu. saya saja yang sudah puluhan tahun tinggal di Batam, sampai saat ini tidak mengetahui nama-nama jalan baik protokol maupun jalan biasa di Batam.   Di suatu kecamatan di Batam yaitu ke kecamatan Batuampar ada beberapa komplek perumahan/kampung yang dimulai dengan Bengkong. jumlahnya nama “Bengkong” sampai saat ini belum jelas berapa jumlahnya ada bengkong seken, Bengkong Ratu, Bengkong Polisi, Bengkong Pertiwi, Bengkong Harapan dst…dst…pokoknya kalau berdiri suatu komplek perumahan baru maka namanya dimulai dari Bengkong ditambah preferensi komplek tersebut, nah..kalau yang tinggal di komplek itu kebanyakan,katakanlah orang inggris, bisa saja namanya Bengkong Inggris…!!

sesudah kata :”Bengkong”, nama perumahan/komplek yang paling banyak sering dipakai antara lain : Tanjung (Tanjung uma, Tanjung Sengkuang, Tanjung Riau, Tanjung Gundap dst), kemudian Baloi (Baloi Center, Baloi Persero, Baloi Kusuma, dst..) nah ada lagi yang sering di Pakai, yaitu Tiban, yaitu daerah perumahan di  sebelah timur (Tiban I,II,III, BTN, Kampung dst).

soal kuliner alias pemuas dahaga lapar, Batam gudang makanan khas, yang paling terkenal adalah sop ikan, ikan asam pedas dan aneka makanan seafood,  yang tersebar hampir merata di seluruh kota Batam, tidak heran, apabila week end, Batam dipenuhi orang-orang asing yang kebanyakan dari Singapura dan Malaysia, yang mencoba mengambil keuntungan dari perbedaan kurs Dollar Sin dengan Rupiah, so, walaupun hanya membawa duit S$ 100 (Rp. 675,000) aja di Batam udah bisa jadi raja minyak semalam…walah….walah…

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*